Mengenal Apa itu Aperture dan Fungsinya Pada Kamera

Jika kita berbicara tentang dunia fotografi, salah satu hal menarik untuk dibahas adalah apa itu aperture dan fungsinya pada sebuah kamera. Hal ini penting untuk dibahas agar orang-orang yang masih awam dapat mengetahui istilah yang satu ini. Aperture memang sebuah istilah yang masih asing bagi kebanyakan orang. Namun bagi para fotografer dan pecinta foto, aperture bukan lagi sebuah istilah yang asing. Aperture sendiri adalah bukaan diafragma pada lensa yang bisa mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera. Aperture biasanya digunakan untuk menangkap foto yang diinginkan. Karena itulah, banyak orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang aperture kamera, termasuk yang terdapat pada kamera ponsel. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

Apa itu Aperture?

Secara sederhana, aperture adalah diafragma atau lebih mudahnya lagi disebut sebagai bukaan. Aperture akan mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor. Semakin lebar lubang yang terbuka, maka semakin banyak pula cahaya yang dapat masuk ke dalam sonsor tersebut.

Aperture memiliki satuan yang disebut dengan f-stop. Beberapa contoh dari aperture adalah f/2.8, f/11, dan f/22. Apabila nilainya semakin besar, maka smakin kecil lubang yang terbuka. Biasanya, aperture diaplikasikan pada kamera DSLR pada saat seorang fotografer mengambil gambar pada sesi pemotretan. Namun, kini aperture juga sudah bisa diaplikasikan untuk kamera pada smartphone Android. Dengan mengetahui apa itu aperture, diharapkan Anda bisa lebih bisa memaksimalkan fungsi dari aperture itu sendiri.

Fungsi Aperture pada Sebuah Kamera

  1. Mengendalikan Banyak Sedikitnya Cahaya

Aperture merupakan sebuah lubang yang terdapat pada sebuah kamera. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin besar lubang yang terbuka maka akan semakin banyak cahaya yang masuk. Hal ini menunjukkan bahwa aperture dapat mengendalikan banyak sedikit banyaknya cahaya.

  1. Mengatur Kedalaman Ruang Lebar atau Sempit

Aperture dapat berfungsi untuk mengatur kedalaman ruang lebar maupun sempit. Pengaturan kedalaman sebuah ruang foto atau biasa dikenal dengan depth of field memang sangat dipengaruhi oleh aperture. Agar Anda mendapatkan kedalaman ruang yang tepat, maka Anda perlu mengatur aperture sesuai dengan angkanya.

  1. Menciptakan Difraksi

Fungsi lain dari aperture adalah untuk menciptakan difraksi yang akan digunakan untuk menangkap sebuah oyek seperti lampu pada malam hari. Dengan adanya fungsi ini, nantinya akan dihasilkan sebuah efek yang disebut dengan starbust. Penyebaran dari efek difraksi ini akan meningkat ketika Anda memposisikannya pada angka aperture tepat.

Meski aperture banyak diaplikasikan pada kamera DSLR/SLR, namun Anda bisa memanfaatkan aperture pada kamera HP. Beberapa orang menilai aperture pada HP justru lebih praktis dan tidak berat. Bahkan kini aperture dikemas lebih sederhana sehingga mudah untuk disetel. Anda tinggal pasang aperture ke setting kamera HP dengan mode otomatis atau AV (Aperture Value).

Demikianlah ulasan tentang apa itu aperture dan fungsinya paa kamera. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *