Harga Samsung Galaxy J3 (2016) & Spesifikasi Desember 2016

Advertisement

Harga Samsung Galaxy J3 (2016) – Pada tahun 2015 yang lalu, Samsung telah merilis smartphone entry level bernama Galaxy J3. Nah ditahun 2016 ini, rupanya Samsung telah merilis varian terbaru dengan membawa perubahan spesifikasi pada bagian kamera dan memori. Sayangnya kameranya berubah menjadi lebih jelek, karena sebelumnya mengadopsi lensa 8 MP, namun kini hanya dibekali kamera utama 5 MP. Untungnya didalamnya tetap didukung teknologi 4G LTE, sehingga daya tariknya tetap besar dan bisa bersaing melawan ponsel entry level sekelasnya.

Spesifikasi Hp Samsung Galaxy J3 (2016) tetap ditenagai memori Ram berukuran besar dan memakai processor Quad Core, sehingga performanya tetap cepat dan sebanding dengan harga Samsung Galaxy J3 (2016) yang dipasarkan cukup mahal. Lebih asyiknya lagi, ponsel ini ditawarkan dengan layar beresolusi HD yang menjamin kualitas gambar lebih jernih, dan memiliki warna lebih tajam. Untuk melihat secara mendetail apa saja kelebihan yang ditawarkan Galaxy J3 edisi 2016 ini, silahkan anda menyimak review yang dirangkum ponselsamsung.com.

Review Smartphone Samsung Galaxy J3 (2016)

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Layar HD Berteknologi Super Amoled

Samsung Galaxy J3 edisi 2016 tetap memiliki layar berukuran 5 inci yang didukung panel layar berteknologi Super Amoled. Teknologi tersebut memungkinkan smartphone ini mampu menampilkan setiap konten gambar dan video dengan kualitas warna natural yang terlihat lebih nyata. Apalagi, Samsung mengoptimalkannya dengan resolusi HD atau setara 720 x 1280 pixels yang nantinya mampu menghasilkan kerapatan layar mencapai 294 ppi. Walaupun tidak ada lapisan antigores, namun layar tersebut telah didukung teknologi multitouch yang membuat layar semakin responsif.

Advertisement

Desain ponsel ini sama persis dengan Galaxy J3 yang dirilis di akhir 2015. Pasalnya sama-sama memakai bodi plastik dengan ukuran dimensi 142.2 x 71.4 x 7.9 mm. Ukurannya cukup ramping, sehingga otomatis akan nyaman digunakan untuk bermain game, berkomunikasi, dan kebutuhan mobile lainnya. Selain itu, bobotnya juga sangat ringan, karena beratnya hanya 136 gram. Alhasil ponsel ini tetap mudah digunakan meskipun hanya memakai satu tangan. Namun sangat disayangkan ponsel ini belum berpelindung Gorilla Glass, yang membuatnya wajib kita tambahkan screen guard agar tidak mudah tergores.

Memori Internal Besar dan Ditenagai CPU Quad Core

Yang membuat ponsel ini lebih unggul ialah memiliki memori internal lebih besar, yakni berkapasitas 16GB dan masih bisa diperluas dengan kartu microSD yang bisa membaca memori hingga 128GB. Sebagian besar dari kapasitas memori yang tersedia akan digunakan untuk menyimpan file system operasi Android Lollipop dan berbagai aplikasi bawaan yang terinstal secara langsung saat smartphone ini dipasarkan. Kemudian untuk dapur pacunya, telah dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang mengusung processor Quad Core 1.2 Ghz dengan arsitektur 64-Bit Cortex-A53.

Agar performanya semakin memuaskan, tak lupa memori Ram sebesar 1.5GB dan pengolahan grafis bertipe Adreno 306 telah menggawangi dapur pacu ponsel ini. Alhasil dibalik murahnya harga Samsung Galaxy J3 (2016), pengguna ponsel ini bisa menikmati kecepatan pemrosesan yang cepat dan minim lag ketika menjalankan game-game HD ataupun aplikasi berat lainnya. Menariknya lagi, kapasitas baterai yang dimiliki ponsel ini juga cukup besar. Dimana sudah ada baterai berkapasitas 2.600 mAh yang bisa dicopot dan memiliki daya tahan baterai sangat baik karena waktu bicaranya mencapai 18 jam (3G).

Advertisement

Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Review Samsung Galaxy J3 (2016)

Kamera Utama Cuma 5 MP

Harga Samsung Galaxy J3 (2016) memang tak bisa dikatakan murah, akan tetapi ponsel ini hanya dibekali kamera belakang 5 MP yang hanya mampu dipakai merekam video hingga resolusi HD 720 x 1280 pixels. Untungnya sudah tersedia fitur autofocus, dan led flash yang bisa mengoptimalkan hasil jepretan kamera agar hasil fotonya bisa terlihat lebih jernih dan terkesan lebih natural ketika diambil dimalam hari. Walaupun dari segi kualitas tergolong standard, akan tetapi hasil kameranya sudah cukup memuaskan dan mampu memenuhi kebutuhan fotografi setiap harinya.

Meskipun harga Samsung Galaxy J3 (2016) cukup mahal, akan tetapi ponsel ini hanya mengandalkan kamera depan 2 MP. Padahal ponsel sekelasnya rata-rata mengandalkan kamera depan 5 MP, sehingga hasil jeperetan foto selfienya akan lebih baik. Walaupun begitu, Samsung telah memberikan teknologi 4G LTE yang membuat Galaxy J3 (2016) bisa dipakai video call dengan lebih lancar. Pasalnya kecepatan internet yang mampu diraih ponsel ini ketika berada dijaringan 4G mencapai 150 mbps, dan memiliki kecepatan upload mencapai 50 mbps.

Koneksi Internet Andalkan 4G LTE

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy J3 (2016) ponsel ini menawarkan teknologi 4G LTE yang mempermudah semua aktivitas yang terhubung ke dunia internet. Sayangnya Samsung hanya menyediakan satu slot sim card. Namun tak menutup kemungkinan, Galaxy J3 (2016) yang akan dirilis di Indonesia telah dibekali fitur Dual Sim, karena fitur ini merupakan salah satu fitur penting untuk menarik minat konsumen yang menginginkan smartphone dengan konektivitas yang lengkap, dan mumpuni saat dipakai sebagai media komunikasi sehari-hari.

Di sisi lain, Samsung juga memberikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth® 4.1. Jangan harap ponsel ini telah mengadopsi Wi-Fi berteknologi Dual Band, karena harga Samsung Galaxy J3 (2016) belum memungkinkan pemakaian teknologi tersebut. Sementara untuk urusan navigasi, sudah tersedia GPS dengan teknologi A-GPS yang memiliki performa cukup cepat, dan akurta dalam mencari lokasi. Selain itu, tersedia pula port MicroUSB 2.0 yang bisa dimanfaatkan untuk menguhubungkan ponsel ini ke charger ataupun komputer.

Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Body
  • Dimensi : 142.3 x 71 x 7.9 mm
  • Berat : 132 gram
  • Tipe : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Layar : 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Pelindung Layar : –
Konektifitas
  • Sim Card : Single Sim
  • Internet : HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Wireless : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1
  • GPS : with A-GPS, GLONASS
  • USB : microUSB v2.0
Dapur Pacu versi Snapdragon
  • OS : Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Memori Internal : 16 GB
  • Memori Eksternal : microSD, up to 128 GB
  • Chipset : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • Cpu : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 306
  • Ram : 1.5 GB
  • Baterai : Removable Li-Ion 2.600 mAh
Kamera
  • Kamera Belakang : 5 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur : Geo-tagging, touch focus, face detectiondetection, panorama
  • Video : 720p@30fps
  • Depan : 2 MP

Harga Samsung Galaxy J3 (2016)

Harga Termurah USD$180

Ponsel Android dengan layar HD 5 Inci ini telah dipasarkan di Amerika dengan harga resmi USD$180, seperti informasi yang kami lansir dari website virginmobileusa.com. Apabila kita rupiahkan, maka harga Samsung Galaxy J3 (2016) untuk wilayah USA sekitar Rp. 2.4 Jutaan. Hargaya memang cukup mahal, namun tak menutup kemungkinan harga Samsung Galaxy J3 (2016) di Indonesia akan dibanderol lebih murah, karena spesifikasinya tak berbeda jauh dari Samsung Galaxy J Series, terutama Galaxy J2.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 (2016)

Kelebihan
  • Layar HD 720 berukuran 5 inci dan mengadopsi teknologi Super Amoled
  • Dibekali dapur pacu Ram 1.5GB dan mengusung CPU Quad Core
  • Sudah memakai OS Android Lollipop
  • Kapasitas baterai mencapai 2.600 mah yang awet da tahan lama
  • Sudah mendukung 4G LTE dan Dual Sim
Kekurangan
  • Harga Samsung Galaxy J3 (2016) dibanderol cukup mahal
  • Belum dilengkapi pelindung antigores
  • Masih memakai material plastik
Baca Juga : Daftar Harga HP Samsung Android Terbaru

Semoga saja Harga Samsung Galaxy J3 (2016) di Indonesia dipasarkan dibawah 2 Juta Rupiah. Pasalnya spesifikasi yang ditawarkan Samsung pada sektor kamera tergolong standard, karena hanya ada kamera utama 5 MP dan depan 2 MP. Sementara rival-rival Samsung rata-rata menawarkan smartphone murah dengan kamera utama 13 MP dan depan 5 MP. Untungnya ponsel ini memiliki teknologi 4G LTE dan mengusung layar HD sebagai kelebihan utamanya. Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan kali ini, mari kita sama-sama menantikan kehadiran Samsung Galaxy J3 (2016) di Indonesia.

Advertisement
Advertisement