Harga Nokia 5 Android dan Spesifikasi Terbaru 2017

Advertisement

Harga Nokia 5 Android – Nokia berencana merilis beberapa perangkat baru di ajang MWC 2017, salah satunya adalah Nokia 5. Smartphone ini akan menyusula Nokia 6 yang terbukti sukes besar menarik perhatian konsumen di China. Yah, Nokia belum memasarkan smartphone Android-nya secara global, karena Nokia 6 baru di pasarkan di China. Namun smartphone ini sudah bisa kita dapatkan di Indonesia dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan harga resmi di China.

Harga resmi Nokia 6 di China adalah sekitar 3 Jutaan, namun harganya melonjak jauh ketika smartphone ini dipasarkan di Indonesia. Dimana harganya mencapai 4 sampai 5 Jutaan. Padahal banyak sekali pecinta gadget tanah air yang penasaran ingin mencicipi kehebatan Nokia 6, karena smartphone ini menawarkan desain premium dan berbagai kelebihan lainnya. Nah, apabila anda belum mampu membeli Nokia 6, mungkin anda wajib menantikan kehadiran Nokia 5 yang dibanderol lebih murah. Lalu seperti apa spesifikasnya ?, dan berapa harganya ?

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Android

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Android

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Android

Harga Nokia 5 yang dibanderol lebih murah dari Nokia 6 membuat smartphone ini memiliki layar lebih kecil. Dimana layarnya berukuran 5.2 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Untuk mengoptimalkan ketajaman layar tersebut, Nokia melengkapinya dengan panel IPS (In-Plane Switching). Tak menutup kemungkinan smartphone ini dilindungi lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 dan mengadopsi layar lengkung 2.5D Curved Glass Screen, seperti yang Nokia berikan pada Nokia 6.

Advertisement

Frame metal dengan desain minimalis yang premium menjadi ciri khas smartphone ini. Meski belum ada bocoran mengenai dimensi dan beratnya, namun kami yakin Nokia tak akan asal-asalan dalam mendesain Nokia 5. Tak menutup kemungkinan smartphone ini memiliki Fingeprint Sensor, mengingat harga Nokia 5 akan dibanderol cukup mahal. Lalu ada pula sistem operasi Android Nougat 7.0 yang siap mengoptimalkan kestabilan sistem smartphone berlayar 5.2 inci tersebut.

Selanjutnya untuk bagian dapur pacu, Nokia 5 mengandalkan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 yang dipadukan dengan delapan inti processor berkecepatan Octa Core 1.4 Ghz Cortex-A53 dan GPU Adreno 505. Chipset dan processornya sama persis dengan yang digunakan Nokia 6. Namun Nokia menurunkan kapasitas memori dam Ram smartphone ini, sehingga kita hanya mendapatkan memori internal berkapasitas 16GB dan Ram 2GB. Tak ketinggalan slot memori ekternal juga dimilikinya.

Spesifikasi hardware Nokia 5 tergolong standar. Bahkan spesifikasinya hampir mirip dengan Xiaomi Redmi 4 yang notabennya dibanderol lebih murah dari harga Nokia 5. Walaupun begitu, smartphone ini menawarkan sistem operasi Android terbaru yang dimodifikasi dengan antarmuka buatan Nokia. Sayangnya belum ada informasi mengenai kapasitas baterainya, namun harapan kami smartphone ini sudah dilengkapi teknologi fast charging, sehingga pengisian baterainya bisa lebih cepat.

Resolusi kameranya juga menurun dari 16 Megapixel menjadi 13 Megapixel. Hal ini dilakukan agar harga Nokia 5 bisa dibanderol lebih murah. Untungnya kamera belakang tersebut tetap dilengkapi fitur Autofocus dan LED Flash, sehingga mampu mengabadikan momen dengan hasil foto tajam dan jernih. Selain itu, kameranya juga bisa merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps dan dilengkapi beberapa fitur pendukung seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama.

Advertisement

Pada bagian depan telah terpasang kamera beresolusi 5 Megapixel untuk selfie dan video call. Sebelumnya Nokia 6 memiliki kamera depan beresolusi 8 Megapixel, sehingga lebih berkualitas ketika dipakai selfie. Walaupun begitu, kamera 5 Megapixel tetap mumpuni dan bisa menghasilkan foto selfie yang tajam dan jernih. Tak hanya itu, kita juga bisa memakainya untuk mengakses video call dengan lancar, karena smartphone ini sudah dilengkapi teknologi 4G LTE dan memiliki fitur Dual Sim.

Fitur konektivitasnya tergolong standar, namun sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi penggunanya. Baik komunikasi secara online ataupun offline bisa berjalan lancar. Terlebih smartphone ini memiliki fitur Dual Sim dan didukung beragam kontektivitas nirkabel, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port MicroUSB 2.0. Sangat disayangkan smartphone ini belum memakai port USB Type-C dan belum dilengkapi NFC. Lalu berapakah sebenarnya harga Nokia 5 tersebut ?

Harga Nokia 5 Android

Harga Nokia 5 Android

2. Spesifikasi Nokia 5 Android

Body
  • Tipe Layar : IPS  capacitive touchscreen, 16M
  • Ukuran Layar :  5.2 inches, 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
Konektifitas
  • Sim Card : Dual SIM
  • Internet : HSPA, LTE
  • Wireless Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.2
  • GPS : with A-GPS, GLONASS
  • USB : MicroUSB 2.0
Dapur Pacu
  • OS : Android Nougat 7.0
  • Memori Internal : 16 GB
  • Memori Eksternal : microSD, up to 256 GB
  • Chipset : Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • Ram : 2 GB
  • GPU : Adreno 505
  • Baterai : –
Kamera
  • Belakang : 13 Megapixel, autofocus, LED flash
  • Video : 1080P@30fps
  • Depan : 5 Megapixel

3. Harga Nokia 5 Android

Harga
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Nokia 3

Belum diketahui secara pasti harga Nokia 5 ketika dipasarkan secara resmi. Namun kabarnya smartphone ini akan dilepas kepasaran dengan harga USD$200. Itu artinya harga Nokia 5 akan dibanderol melebihi 2 Juta Rupiah, sehingga harganya lebih mahal dibandingkan smartphone murah buatan Xiaomi ataupun vendor lainnya. Wajar apabila harga Nokia 5 cukup mahal, karena smartphone ini diproduksi oleh brand legendaris yang selalu memeperhatikan kualitas dan kuantitas produknya.

Yah, Nokia 6 dan Nokia 5 mengawali kebangkitan Nokia di Industri smartphone. Sebelumnya mereka telah mati suri setelah dibeli Microsoft. Namun Nokia telah diambil alih oleh HMD Global, dan mereka kembalu menunjukan tajinya dengan merilis smartphone berbasis Android. Hanya saja harga Nokia 6 dan harga Nokia 5 dibanderol cukup mahal, sehingga akan menjadi hambatan bagi pecinta gadget yang ingin bernostalgia memakai smartphone buatan Nokia. Bagaimana, apakah anda berencana membeli salah satunya ?

Advertisement